Perkenalkan, “James Bond” Berbentuk Virus

22 08 2012

devidsukses

Image

Sekarang, badan intelijen dari berbagai negara jamak mengembangkan virus dan malware komputer sebagai agen intelijen. Perang dingin antarnegara jadi beralih ke dunia maya.

Reaktor nuklir Iran, misalnya, pernah lumpuh diserbu virus stuxnet, yang kabarnya dikirim dari Israel. Sebagai balasan, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat di Pentagon juga pernah kalang kabut ketika sistem komputer mereka diterjang virus agent.btz. Tak mau lagi kecolongan, pada 2008, Amerika membentuk unit intelijen pertahanan baru: U.S. Cyber Command.

Beberapa tahun belakangan, muncul beberapa malware baru yang dibuat dengan teknologi amat  kompleks dan mampu menyerang berbagai target serangan yang berbeda. Namun tak berarti malware lama hilang begitu saja. Inilah sejumlah malware yang menonjol lima tahun terakhir sebagai agen-agen intelijen kelas wahid ala »James Bond”.

1. Stuxnet

Stuxnet merupakan worm kompleks yang kemunculannya melahirkan wacana perang cyber, dan kerap disebut sebagai malware generasi baru. Serangannya terjadi di akhir 2010, di mana lebih dari setengah kasus infeksi terjadi di Iran, diikuti Indonesia dan…

Lihat pos aslinya 367 kata lagi


Aksi

Information